RSS

Untuk Ibu dan Bapak


Bismillahirrahmanirrahim…

Dengan nama Allah, Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang.

Segala puji bagi Allah, yang telah memerintahkan kami untuk bererima kasih kepada kedua orang tua dan berbuat baik kepada mereka, mendorong kami untuk berbakti kepada mereka dan melakukan kebajikan kepada mereka, menyuruh kami untuk merendahkan diri kepada mereka dengan kasih sayang sebagai pengagungan dan penghormatan terhadap keduanya, dan memesankan kepada kami untuk menyayangi keduanya sebagaimana mereka telah menyayangi kami sewaktu kecil.

Ya Allah,

rahmatilah kedua orang tua kami, rahmatilah kedua orang tua kami, rahmatilah kedua orang tua kami, ampunilah mereka, sayangilah mereka. Ridhailah mereka dengan keridhaan yang dengannya Engkau memberikan keridhaan dan ampunan kepada mereka, menempatkan mereka pada negeri kemuliaanMu dan keamananMu, dan limpahkanlah kepada mereka kebaikanMu.

Ya Allah,

ampunilah mereka dengan ampunan yang menyeluruh yang Engkau hapuskan dengannya kesalahan-kesalahan mereka yang telah lalu dan perbuatan-perbuatan buruk mereka yang terus dilakukan. Rahmatilah mereka dengan rahmat yang dengannya Engkau sinari tempat berbaring mereka di kubur-kubur mereka, dan Engkau amankan mereka pada hari ketakutan ketika mereka dibangkitkan.

Ya Allah,

kasihanilah mereka atas kelemahan mereka sebagaimana mereka mengasihani kami atas kelemahan kami, etaplah Engkau mengasihani mereka ketika mereka terputus dariMu sebagaimana mereka tetap mengasihani kami ketika kami dalam keadaan terputus dari mereka, dan lembutlah terhadap mereka sebagaimana mereka lembut kepada kami ketika kami masih kecil.

Ya Allah,

peliharalah bagi mereka kecintaan itu yang Engkau tanamkan pada hati-hati mereka, kasih sayang yang Engkau penuhi dengannya dada-dada mereka, dan kelembutan yang Engkau sibukkan dengannya anggota tubuh mereka. Berilah balasan kepada mereka atas perjuangan mereka mengasuh kami. Janganlah Engkau sia-siakan kesungguhan mereka dalam merawat kami, dan berilah ganjaran atas usaha yang mereka lakukan pada diri kami dan pemeliharaan yang mereka jalankan terhadap kami dengan ganjaran terbaik yang telah Engkau berikan kepada mereka yang berusaha dan melakukan perbaikan serta mereka yang memelihara dan memberikan nasihat.

Ya Allah,

berilah kebaikan kepada mereka berkali lipat dari kebaikan yang mereka berikan kepada kami, dan pandanglah mereka denganpandangan kasih sayang sebagaimana mereka memandang kami.

Ya Allah,

berilah kepada mereka balasan yang baik atas apa yang telah mereka sia-siakan dalam hal kewajiban terhadapMu karena kesibukan mereka dalam mendidik kami, ampunilah atas kekurangan mereka dalam mengabdi kepadaMu karena mereka mendahulukan kami dalam melayani kami, ampunilah mereka atas perbuatan-perbuatan syubhat yang mereka lakukan disebabkan mereka melakukan usaha untuk kami, janganlah Engkau balas mereka dengan dorongan nafsu mereka karena hati mereka dikuasai perasaan cinta kepada kami, janganlah Engkau tanggungkan ketidakadilan-ketidakadilan yang mereka lakukan, dan berilah kelembutan yang lebih dari kelembutan mereka terhadap kami ketika mereka masih hidup.

Ya Allah,

apa yang Engkau berikan petunjuk kepada kami berupa ketaatan, apa yang Engkau mudahkan bagi kami berupa kebaikan, dan apa yang Engkau berikan taufik kepada kami berupa pendekatan diri kepadaMu, kami mohon kepada Engkau agar Engkau memberikan bagian pula dari hal-hal itu kepada mereka. Sedangkan keburukan-keburukan yang kami lakukan dan kesalahan-kesalahan yang kami perbuat, janganlah Engkau ikutkan mereka dengan kami dan janganlah Engkau jadikan dosa atas mereka karena dosa-dosa kami.

Ya Allah,

sebagaimana Engkau telah menggembirakan mereka dengan kami dalam kehidupan ini, bahagiakanlah pula mereka dengan kami setelah mati.

Ya Allah,

janganlah Engkau sampaikan kepada mereka berita-berita tentang kami yang mengecewakan mereka, janganlah Engkau tanggungkan atas mereka dosa-dosa kami yang memberatkan mereka, dan janganlah Engkau hinakan mereka dengan kami di hadapan tentara kematian dengan hal-hal yang membawa aib yang kami lakukan dan kemunkaran-kemunkaran yang kami kerjakan. Bahagiakanlah mereka dengan amal-amal kami di tempat bertemunya para arwah ketika orang-orang yang baik berbahagia dengan anak-anak mereka yang baik, dan janganlah Engkau tempatkan mereka dengan sebab kami di tempat terbukanya aib karena perbuatan buruk yang kami lakukan.

Ya Allah,

sucikanlah bacaan Al-Quran yang kami baca, terimalah sholat yang kami tunaikan, ridhailah perbuatan baik yang kami kerjakan, dan tumbuhkanlah harta yang kami sedekahkan.

Ya Allah,

kami memohon kepadaMu agar Engkau menjadikan bagian mereka dari hal itu lebih besar dari bagian kami, bagian yang mereka terima dari kami lebih banyak dibandingkan bagian kami, bagian mereka dari pahalanya lebih melimpah dibandingkan bagian kami. Karena, sesungguhnya Engkau telah memesankan kepada kami untuk berbakti kepada mereka dan menyuruh kami untuk berterima kasih kepada mereka. Engkaulah yang paling patut untuk menerima bakti dari orang-orang yang berbakti, dan yang paling berhak untuk dihubungi (dalam segala hal) oleh orang-orang yang diperintahkan.

Ya Allah,

jadikanlah bagi mereka penyejuk mata pada hari bangkitnya para saksi, perdengarkanlah kepada mereka panggilan yang terbaik pada hari orang-orang saling berpisah, dan jadikanlah mereka orang tua yang paling lekat dengan anak-anaknya sampai Engkau mengumpulkan kami dan mereka serta kaum muslimin semuanya di negeri kemuliaanMu, tempat rahmatMu, dan tempat para kekasihMu beserta orang-orang yang telah Engkau beri nikmat dari para nabi, shiddiqin, para syuhada, dan orang-orang shalih. Mereka itulah sahabat-sahabat terbaik. Itulah keutamaan dari Allah, dan cukuplah bahwa Allah Maha Mengetahui.

Semoga Allah melimpahkan rahmat dan kesejahteraan kepada junjungan kami, Nabi Muhammad, beserta keluarga dan para sahabat. Segala puji bagi Allah, Tuhan sekalian alam.

Aamiin.

🙂

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: